Ciri-ciri media berita internet palsu

sahabat pembaca yang budiman, sebagai netizen yang cerdas agaknya kita harus bisa membedakan mana berita media yang bisa dipercaya dan mana yang tidak. sedikit saya akan memberi informasi mana media yang tidak bisa dipercaya.

1. menghina seseorang.

media asli biasanya menyajikan berita yang berimbang, tidak memihak salah satu pihak, walaupun memihak salah seorang namun isi beritanya tidak menjatuhkan, atau bahkan menghina atau melecehkan orang lain. lain hal nya dengan media palsu, isi beritanya terlalu menghina seseorang dan isi beritanya penuh dengan kepalsuan.

2. isi berita tidak bisa dipertanggung jawabkan

berita dari media palsu tidak ada penanggung jawabnya, meskipun ada orangnya susah diketemui atau bahkan nama penanggung jawab yang di cantumkan biasanya fiktif.

3. isi berita tidak valid.

isi berita dalam media palsu biasanya, si empunya situs hanya browsing sana-sini di internet kemudian copy/paste saja, tidak ada reporter atau wartawan yang mencari berita tapi hanya bermodalkan copy/paste yang lebih parahnya lagi kadang mereka meng-copy dari postingan yang bersifat humor kemudia di publish seolah-olah berita asli.

4. penuh adu domba dan fitnah

isi berita media palsu biasanya cenderung adu domba atau memecah belah masyarakat/umat, memancing emosi dan kebencian dan biasanya dibumbui SARA.

5. dan lain-lain..

ajuran bagi netizen

1. tetap berhati-hati dalam memilih informasi
2. jangan asal share/twet informasi yang kamu anggap terpercaya, jika isinya lebih ke adu domba
3. cros cek dulu dengan media yang sudah resmi
4. jangan mudah tersulut emosi, bisa saja brita yang kamu baca itu palsu,fitnah dll
5. ingatkan teman saudara dan masyarakat agar lebih teliti dan jangan mudah terprovokasi berita media gadungan.

0 comments

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, sopan, dan santun. termiakasih telah mampir dan membaca blog kami.