Pengertian - Pengertian Pendidikan

1. Menurut UU Nomor 2 Tahun 1989
Pendidikan adalah : usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. (UU Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 ayat 1)

2. Menurut John dewey
Pendidikan adalah : proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia. (Hasrullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta, 1999, hlm.2.)
3. Menurut Driyarkara
Pendidikan adalah : pemanusiaan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf insani. (Driyarkara, Driyarkara Tentang Pendidikan, Yayasan Kanisius, Yogyakarta, 1950, hlm.74.)
4. Menurut Carter V. Good
Pendidikan adalah :
a.      Seni, praktik, atau profesi sebagai pengajar.
b.      Ilmu sistematis atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip dan metode-metode pengajaran, pengawasan dan bimbingan murid.
(Carter V. Good, Dictionary Of Education, New York, Mc. Graw Hill Book Company, Inc. 1959, hlm. 387.)
5.Menurut Langeveld
Pendidikan adalah : setiap usaha, pengaruh, perlindungan, dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju pada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas kehidupannya sendiri. (Langeveld, (terj.), Paedagogik Teoritis / Sistematis, FIP-IKIP Jakarta,1971; Fatsal 5, 5a.)

6. Menurut Ki Hajar Dewantara
Pendidikan adalah : menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. (Suwarno, Pengantar Umum Pendidikan, Aksara Baru, Jakarta, 1985, hlm.2.)
7. Sudirman N.
Pendidikan adalah : sebagai usaha yang dijalankan oleh seseorang atau kelompok orang lain agar menjadi dewasa atau mencapai tingkat hidup atau penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental. (Sudirman N, dkk, Ilmu Pendidikan, Remaja Rosda Karya, Bandung, 1992, hlm.4.)
8. Menurut Ahmad D. Marimba
Pendidikan adalah : bimbingan atau pimpinan secara sadr oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama. (Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Pt Al Ma’arif, Bandung, 1987, hlm.19)
9. Prof. Brodjonegoro
Ilmu pendidikan adalah : ilmu pengetahuan yang mempelajari soal-soal yang timbul dalam praktik pendidikan. (Suwarno,  Op Cit, hlm.11)
10. Menurut Rousseau
Pendidikan adalah : memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa. (Hasrullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan,PT RajaGrafindo Persada, Jakarta, 1999, hlm.2.)

0 comments

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, sopan, dan santun. termiakasih telah mampir dan membaca blog kami.